Thursday 18 January 2018

Cahaya sebagai Gelombang Elektromagnetik


Sesuatu yang menerangi kita sebut dengan cahaya. Siang hari semua benda terlihat jelas karena ada cahaya matahari. Pada malam hari kita masih dapat melihat benda-benda walaupun tidak ada cahaya matahari karena ada bantuan dari lampu-lampu yang juga memancarkan cahaya. Tentu saja tidak seterang di waktu siang.

Apa sebenarnya cahaya itu? Dalam fisika cahaya didefinisikan sebagai sebuah pancaran energi dalam bentuk gelombang elektromagnetik. Hanya sebagian kecil dari pancaran gelombang energi ini yang bisa kita lihat (disebut sebagai cahaya tampak). Sedangkan cahaya yang tak tampak (atau lebih umum disebut gelombang elektromagnetik) jauh lebih banyak.

Di alam raya, para ahli telah menemukan berbagai jenis gelombang elektromagnetik antara lain;
  1. Gelombang radio, yaitu jenis gelombang elektromagnetik yang paling panjang gelombangnya (30 cm - 500 m). Radio dan televisi menggunakan gelombang jenis ini.
  2. Gelombang mikro, yang memiliki panjang gelombang 15 cm. Jenis gelombang ini digunakan pada microwave oven dan juga radar.
  3. Infra merah, yang memiliki panjang gelombang 0,1 mm. Beberapa hewan (seperti ular derik) dapat melihatnya sehingga mereka dapat melihat walaupun tidak ada cahaya tampak. Manusia tidak mampu melihat sinar infra merah. 
  4. Cahaya tampak, dengan panjang gelombang 380-700 nm. Inilah gelombang elektromagnetik yang dapat kita lihat.
  5. Ultraviolet, dengan panjang gelombang 100-400 nm. Gelombang elektromagnetik jenis ini dipancarkan oleh matahari dapat merusak kulit kita jika terlalu lama berjemur.
  6. Sinar X, dengan panjang gelombang 0,1 nm. Sinar jenis ini digunakan manusia dalam teknologi untuk melihat kondisi dalam tubuh manusia seperti tulang (dikenal dengan foto rontgen).
  7. Sinar gamma, dengan panjang gelombang 0,000001 nm. Merupakan gelombang elektromagnetik dengan energi yang paling besar dan tentu saja merusak benda-benda yang dikenainya.
Perlu ditegaskan kembali, bahwa gelombang elektromagnetik yang bisa dilihat manusia adalah hanya cahaya tampak. Jadi, walaupun banyak gelombang elektromagnetik di sekitar kita, tanpa adanya cahaya tampak maka kita hanya akan melihat kegelapan. 

Referensi:
http://www.explainthatstuff.com/electromagnetic-spectrum.html

Gambar:
https://pixabay.com

1 comment:

  1. Nama: Dewi murniyati Npm :718710356

    Kenapa cahaya bisa dikatakan mempunyai dualisme sifat yaitu sebagai partikel dan gelombang? dan bagaimana itu bisa terjadi?

    ReplyDelete