Monday 15 January 2018

Hewan Menyusui (Mamalia)

Mamalia adalah kelompok (kelas) hewan dengan ciri utama memiliki kelenjar mammae yang dapat menghasilkan susu untuk nutrisi anak-anaknya. Maksudnya di sini adalah individu betina. Selain itu ciri yang lain adalah berdarah hangat (suhu tubuh tidak menyesuaikan dengan lingkungan), memiliki empat alat gerak, berambut dan bertulang belakang.


Manusia termasuk ke dalam golongan ini. Bisa dikatakan bahwa saat ini permukaan bumi dikuasai oleh mamalia. Hewan-hewan besar di permukaan bumi saat ini adalah mamalia. Sebutlah gajah, beruang, harimau, paus, monyet, sapi, kuda dan jerapah. Mereka semua adalah hewan dari kelas mamalia, sama seperti kita manusia.

Mamalia umumnya berkembang biak dengan cara beranak/melahirkan (embrio tumbuh berkembang menjadi individu muda di dalam tubuh induk betinanya). Manusia biasanya mengandung anaknya sekitar sembilan bulan, mamalia yang lain memiliki waktu yang berbeda-beda. Masa bunting kuda sekitar 11 bulan, sedangkan kambing sekitar 4,5 bulan.

Mamalia pertama kali muncul di muka bumi (berdasarkan kajian fosil) kira-kira 200 juta tahun silam. Pada jaman itu bumi masih dikuasai oleh dinosaurus, yaitu reptil dengan tubuh yang sangat besar (raksasa). Jumlah spesies yang tergolong kelas mamalia saat ini menurut para ahli adalah sekitar 4.496 spesies atau sekitar 0,3 persen dari seluruh spesies yang hidup di muka bumi (literatur tahun 2001).

Saat ini beberapa mamalia menjadi hewan ternak, yang bermanfaat baik sebagai sumber makanan atau membantu pekerjaan manusia. Misalnya sapi, kambing, kerbau, unta dan kuda. Tentu kalian telah akrab dengan hewan-hewan tersebut.

Referensi:
Eldredge, N. (2002). Life on Earth, an Encyclopedia of Biodiversity Ecology and Evolution. Santa Barbara: ABC Clio

Gambar:
https://pixabay.com

No comments:

Post a Comment