Sunday 14 January 2018

Mengapa Tumbuhan Berbuah?

Dari sekian banyak tumbuhan yang ada di sekeliling kalian, banyak sekali yang berbuah. Banyak di antaranya yang enak dimakan. Buah apel, semangka, mangga, rambutan dan lain sebagainya. Hidup kita menjadi menyenangkan salah satunya karena berbagai buah yang enak dimakan.

Tapi, apakah benar tumbuhan berbuah hanya untuk melayani makhluk hidup yang lain? Memang dengan buah itu mereka membantu kita hidup, tapi selain itu mereka juga mendapatkan manfaat besar.

Menurut para ahli biologi, tumbuhan berbuah fungsi utamanya adalah agar dapat berkembang biak dengan baik. Maksudnya begini, jika kalian amati isi buah yang manis dan enak dimakan itu, umumnya akan kalian temukan biji yang tidak bisa dimakan. Biji itu sebenarnya adalah calon tumbuhan baru. Ia akan tumbuh ketika berada di daerah yang cocok.

Misalnya buah mangga yang kalian makan, bijinya kalian buang ke halaman atau kebun. Maka biji tersebut akan tumbuh menjadi tanaman mangga yang baru. Yang ketika telah besar nanti juga akan menghasilkan buah mangga. Demikian pula dengan jenis buah yang lain.

Ketika buah menjadi makanan manusia atau hewan tertentu, maka secara tidak langsung biji didalamnya akan dibawa ke tempat yang jauh dari induknya. Dengan demikian hewan atau manusia ikut membantu penyebaran tumbuhan tersebut.

Selain itu buah juga berfungsi melindungi biji dari lingkungan luar yang mungkin merusak. Ketika biji masih belum siap untuk tumbuh, maka buah di luarnya juga belum matang sehingga tidak ada hewan atau manusia yang tertarik mengambil. Dengan matangnya buah, menunjukkan bahwa biji di dalamnya juga telah siap untuk tumbuh.

Bagi kita sebagai manusia, peristiwa berbuahnya tumbuhan ini mengandung pelajaran hidup yang baik. Tumbuhan berbuah akan bermanfaat bagi makhluk hidup yang lain, dan ketika buah dimanfaatkan maka tumbuhan tersebut juga mendapatkan keuntungan. Demikianlah, kalau kita bermanfaat bagi orang lain maka banyak kebaikan yang juga akan kita peroleh.


Referensi:
Price, B., Et al. (2009). Daily Science Grade 4. Monterey, CA: Evan-Moor Corp.

Gambar:
https://pixabay.com

No comments:

Post a Comment