Friday 23 September 2016

Pertama Kali Manusia Menemukan Cara Menggunakan Api

Api adalah suatu bentuk pancaran energi yang begitu lekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Untuk keperluan memasak, menghangatkan badan dan penerangan di malam hari, pengolahan logam dan banyak lagi manfaatnya. Coba bayangkan bagaimana rasanya hidup tanpa tahu cara memantik dan menggunakan api? Tentu sangat menderita. Tidak hanya itu, menurut para ahli, otak manusia tidak akan berkembang dengan baik tanpa makanan-makanan yang telah dimasak. Karena itu keberadaan manusia seperti jenis kita ini (Homo sapiens) menurut mereka sudah tentu dengan kemampuan untuk menggunakan api.


Sebenarnya kapan pertama kali manusia menemukan dan mengenal cara memantik dan menggunakan api?

Hasil studi terakhir menjelaskan bahwa penemuan cara penggunaan api tidak dilakukan oleh manusia modern (Homo sapiens) yang mulai muncul di muka bumi sejak 200.000 tahun silam. Pertama kali penggunaan api kemungkinan telah ada sejak 350.000 tahun silam. Kesimpulan ini diperoleh berdasarkan hasil studi pada sebuah gua di daerah Israel Utara. Hasil penelitian tersebut dipublikasikan di jurnal human evolution.

Kesimpulan yang bisa kita ambil adalah bahwa sejak kemunculannya di muka bumi, manusia modern yang merupakan nenek moyang kita, telah mengenal cara menggunakan api. Hal tersebut dikarenakan makluk purba seperti manusia yang hidup sebelumnya telah mengenal cara-cara tersebut. 


Referensi:
http://www.ibtimes.com

No comments:

Post a Comment