Wednesday 28 September 2016

Penemuan Roda

Tentu kalian kenal dengan benda yang satu ini. Roda, sebuah benda berbentuk lingkaran yang menjadi bagian dari benda lain agar dapat bergerak dengan cepat dan stabil. Berbagai jenis kendaraan, kursi roda, kereta dorong, kulkas dan banyak benda lain memiliki roda. Bayangkan saja betapa susahnya hidup tanpa roda.

Roda adalah pengerak utama dari banyak jenis kendaraan

Jika anda ingin mengangkut benda-benda berat dari satu tempat ke tempat lain, maka akan susah tanpa roda. Demikian pula untuk mengangkut diri kita sendiri. Karena itu roda menjadi salah satu penemuan terpenting dalam sejarah manusia.

Menurut kajian antropologi, penemuan roda pertama kali adalah sekitar 3500 tahun sebelum masehi di kawasan Mesopotamia (sekarang adalah Iraq). Tidak diketahui siapa yang menemukannya untuk pertama kali.

Pada zaman itu sebenarnya manusia telah banyak membuat berbagai barang yang lain seperti pengolahan logam, pembuatan kanal dan perahu layar dan alat-alat musik. Namun kenapa baru setelahnya roda ditemukan dan tersebar secara luas?

David Anthony, Profesor antropologi dari Hartwick College, menjelaskan bahwa untuk membuat roda seseorang harus memiliki beberapa keahlian sekaligus seperti pengolahan logam dan perkayuan. Intinya adalah pada konsep gandar (as) roda, yaitu silinder di tengah roda yang menjadi penumpu dari gerak berputar roda. Ukuran ketebalan, kehalusan dan kekuatan dari gandar dengan lubang di tengahnya harus benar-benar tepat agar roda dapat berputar secara stabil dan halus. 


Referensi:
Love, Carrie. & Smith, Penny. (Ed.) (2010) DK How Things Work Encyclopedia. New York:  DK Publishing
http://www.livescience.com/18808-invention-wheel.html

No comments:

Post a Comment