Sunday 4 September 2016

Kimia Air

Air dapat kita lihat setiap hari, karena ia adalah kebutuhan pokok untuk hidup. Mulai dari minum, memasak makanan, mandi, membersihkan alat-alat rumah tangga, menyirami tanaman dan lain sebagainya. Tahukah kalian bahwa tubuh kita 80% - nya adalah air? Semua makhluk hidup benar-benar tergantung pada keberadaan air.

Air adalah zat tidak berwarna (bening), tidak berbau dan mengalir menuju ke tempat yang lebih rendah. Jika kita panaskan, maka pada suhu 100 derajat Celcius air akan menguap menjadi gas. Sebaliknya pada suhu yang sangat dingin air akan membeku menjadi es dan mulai mencair pada suhu nol derajat Celcius. Tentu kalian pernah merasakan dinginnya es.

Seandainya kita dapat melihat bagian-bagian kecil (molekul) dari air, maka kita akan melihat molekul-molekul air yang terdiri atas tiga atom yaitu dua atom hidrogen (H) dan satu atom oksigen (O). Karena itulah maka rumus kimia air adalah H2O (dua hidrogen dan satu oksigen). Kalihan pasti pernah melihat rumus kimia tersebut, misalnya di botol kemasan air mineral yang kalian minum.


Warna air sebenarnya tidak benar-benar bening (tidak berwarna) melainkan biru samar (faint blue). Warna itu jelas terlihat ketika air berjumlah banyak. Coba kalian amati laut atau sungai-sungai besar maka warnanya adalah kebiru-biruan, lalu ambillah secukupnya dengan tangan atau gelas, maka air di tangan atau di dalam gelas akan terlihat bening atau tidak berwarna.


Referensi:
http://chemistry.about.com

Gambar:
https://pixabay.com

No comments:

Post a Comment